Rabu, 24 Oktober 2012

Pajangan ? - Kristin Natalia


“ No Smoking Area “
Slogan yang sudah umum banget. Hampir ditiap tempat yang ber AC tulisan itu mejeng. Dari anak-anak sampai orang dewasa tahu apa arti tulisan itu. Area bebas rokok itu artinya. Tapi entah kenapa, semakin banyak tulisan itu terpampang, semakin banyak pula orang yang melanggar dan dengan sengaja malah ngerorok ditempat tersebut.
“ Dilarang buang sampah sembarangan ! “
            Satu lagi slogan yang ya sudah tidak asing lagi. Mungkin pada kenyataannya tulisan tersebut tidak memakai tanda seru (!) tapi saya tambahkan tanda itu supaya terkesan bahwa tulisan itu adalah perintah bukan anjuran.
“ Haduh, jakarta kotor “
“ Haduh, jakarta banyak sampah “
“ Haduh, coba jakarta itu bersih kaya negeri singa “
“ Haduh….haduh….haduh…..”
Keluhan-keluhan yang terucap dari kebanyakan orang karena kondisi yang tidak bersih. Eitssss, plung….sekeresek sampah dibuang ke kali
Plung…..tissue abis buang ingus dibuang dijalanan
Plung…bungkus permen yang dibuang gitu aja. Gimana ga kotor ??
Suka banget dengan ungkapan dari seseorang “ Jika kamu bukan orang sembarangan, jangan buang sampah sembarangan ! “
“ Area Khusus Wanita “
            Buat pengguna transjakarta ( Salah satu alat transportasi di Jakarta ) kata-kata tadi sangatlah lumrah. Bukan karena dihapalkan, tapi disetiap bus ini memang terpampang tulisan ini. Yang artinya, area yang dikhususkan hanya untuk wanita. Hanya wanita loh, bukan yang agak kewanita-wanitaan atau yang mendadak lemah kembut seperti wanita. Tapi, sepertinya teguran penjaga pintu atau tulisan tadi ga cukup menyadarkan bahwa ada pemisahan area wanita dan pria.
            Mungkin sebagian besar peraturan cukup sulit dilakukan oleh orang-orang. Tapi, ada istilah bisa karena terbiasa. Agree !!! Kalau tidak pernah dicoba untuk mentaati, kapan bisanya ?? Jangan terus mengeluh untuk setiap keadaan, tapi mulai ikuti aturan main dan dimulai dari diri sendiri. Please be a wise !