Senin, 20 Februari 2017

HIIT for The First Time by Kristin Aritonang

Istilah ini baru-baru aja saya ketahui. HIIT atau kepanjangan dari High Intensity Interval Training adalah jenis latihan kardiovaskular yang menggabungkan jenis latihan intensitas tinggi dengan jenis latihan intensitas sedang atau rendah dalam selang waktu tertentu. Biasanya dilakukan kurang lebih 20 menit ( Source google ). Berawal dari kegiatan lari saya yang sudah mulai berkurang dikarenakan arenanya sedang dalam renovasi (GBK, red). Iseng-iseng cari workout tutorial yang bisa dilakukan di rumah. Pernah ada yang menyarankan untuk kembali ke gym, tapi saya masih keukeuh belum mau join lagi, takut angot-angotan.

                Officially HIIT ini saya lakukan. Baru 1 minggu ya baru 1 minggu (5 hari dalam seminggu) alias masih baru banget.  Sebelum menemukan jenis training ini, saya sengaja mencari-cari tutorial di IG atau youtube dari beberapa orang yang saya follow, dimana mereka melakukan olah raga yang bisa di lakukan anywhere, everywhere and everytime. Mudah sekali mencarinya bisa dengan hashtag workout atau sejenisnya, video/gambar-pun saya temukan berikut dengan penjelasannya. Apakah saya mencobanya ? Ya saya mencoba beberapa gerakan yang lumayan mudah saya lakukan.

                Karena masih merasa kurang paham dengan gerakan-gerakan tadi, akhirnya saya mencari tutorial lain, dan ketemulah HIIT. Videonya banyak banget bahkan dilengkapi dengan fokus dari latihan tersebut akan larinya kemana. Misalnya untuk 5 Minute Butt and Thigh Workout for a Bigger Butt, 10 Min Abs Workout , jadi bisa banget disesuaikan mau latihan seperti apa dengan hasil seperti apa. Nah 1 minggu ini saya melakukan 2 training diatas. Karena pengen banget fokus kearah perut dan bokong.



Squat (Source Google)

                Hari pertama latihan dengan HIIT, rasanya itu WOWWW banget deh berasa cuapee huhuhu. Ya namanya juga High Intensity, so berasa tinggi juga tingkat capeknya. Padahal waktu latihan dari 1 video itu hanya 5 menit dan 10 menit. Kalau ditotal waktunya dari pemanasan, beberapa gerakan angkat beban hingga pendinginan adalah 30 menit. Saya adalah tipikal orang yang agak susah berkeringat, tapi setelah melakukan training ini bahkan dari hari pertamapun, keringat bercucuran banget. Berasa lelahnya dan tidak heran pegal-pegalnya mantap HAHAHA. Tapi masih berasa seruuu sampai dihari yang ke-5.

                Cukup bangun tidur lebih awal minimal 1 jam dari biasanya dan mulai melakukan latihan ini. 5x dalam seminggu dan ditutup dengan lari pagi saat car free day di hari minggu sekitar 3-5km, I think is enough for now.

                Kalau ditanya udah ada hasilnya ? Tentu saja belum. Nanti akan saya bagikan beberapa progress yang saya alami setelah 1 bulan ya. But for sure, sekarang ini saya bisa bilang bahwa saya merasa jauh lebih segar, relax, jauh lebih nyenyak saat tidur.

Hmm, no shortcut for your healthy life (always try). Kalau bukan dimulai dari sekarang, kapan lagi. Yeay, I’m just having fun with my new activities .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar